Selasa, 28 Juli 2015

Pak pos yang memiliki sayap
Oleh : Haris nugraha
Teknologi komunikasi  saat ini mempermudah kita untuk berinteraksi dengan lingkungan kita, jarak maupun waktu. Bukan lagi menjadi masalah yang perlu ditakutkan. Dengan adanya handphone, internet maupun alat komunikasi lainnya yang dengan mudah dapat kita gunakan, namun sebelum alat komunikasi tersebut diciptakan kita telah menggunakan jasa burung merpati pos untuk mengantarkan surat.

Nenek moyang dari pak pos
 Merpati pos merupakan salah satu alat komunikasi yang digunakan sejak zaman kerajan di Indonesia. dengan menggunakan burung merpati para raja menyampaikan pesan pentingnya kepada rakyat maupun raja dari wilayah lain. Dengan menggunakan merpati pos selain cepat dan tidak takut isi suratnya di ketahui oleh musuh atau orang lain.
Merpati dapat terbang dalam jarak ratusan bahkan ribuan kilometer dan dapat mengirimkan pesan atau surat. Surat atau tempat pelindung berbentuk kapsul plastik,Kemudian kapsul plastik tersebut diselipkan di antara kaki merpati.
Dengan berjalannya waktu banyak alat komunikasi yang diciptakan untuk mempercepat pesan yang akan disampaikan. Merpati pos dapat dikatakan sebagai nenek moyang dari alat komunikasi yang ada saat ini.
kantor pos  yang saat ini digunakan oleh masyarakat untuk mengirimkan surat   memiliki persamaan cara kerja yang dengan burung merpati pos menyampaikan pesan langsung kealamat yang dituju, hang merpati pos taidak membutuhkan kendaraan dan upah utuk sewa kirimnya.
Katakan tidak untuk poligami
Istilah “katakan tidak untuk poligami” tidak harus disampaikan kepada hewan ini, baik  burung merpati pos jantan maupun betina mereka memiliki paha monogami sehingga  tidak akan kehilangan belahan jiwa atau dihianati oleh pasangannya, karena Columba livia akan  bercinta hanya dengan satu pasangan dan akan terus bersama hingga  dipisahkan ruang dan waktu.
Merpati jantan dewasa perilaku seksualnya akan dirangsang oleh kehadiran betina. Rangsangan itu diterima oleh mata. Lalu melalui saraf, rangsangan diteruskan ke otak.
Text Box: Burung Merpati pos Selanjutnya Japati (bahasa sunda) betina mengandung selama 28 hari dan bertelur sebanyak dua butir. Lalu telur tersebut dierami oleh merpati jantan dan betina secara bergantian, anak burung merpati pos dapat terbang dalam jarak yang dekat pada usia 40 hari.
Pak pos yang bersayap
Adanya gaya magnetic yang kuat pada tubuh merpati pos yang membedakan mereka dengan jenis burung lainnya menjadi sehingga mereka mampu mengenal lokasi denagn baik walaupun berada pada jarak yang jauh.
Selain adanya gaya magnetic pada tubuh merpati pos yang mengakibatkan mereka mampu menghafal suatu lokasi ada baiknya kita, terlebih dahulu  harus   melatih dengan  pelatihaan khusus. Pelatihan  dapat dilakukan untuk pada merpati pos yang berusia tujuh bulan. Tiga hal yang harus dilatihkan kepada merpati pos adalah static, mobile, dan boomerang.
Static atau tahap awal dimana burung merpati mempelajari bagaimana cara mengenali perintah seseorang dalam suatu wilayah kecil. Sehingga akan jinak pada tuanya atau pemeliharanya.
Selanjutnya ada istilah Mobile tahap peralihan, pada tahap ini burung merpati dilatih untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. dengan jarak  yang bertahap  tidak langsung ditempat jauh.
Tahap terakhir atau dikenal dengan boomerang pada tahap inilah kita dapat melatih burung merpati pos mengirimkan dan mengembalikan pesan.
Setelah melewati semua tahap dengan baik merpati pos dapat terbang dalam jarak ratusan bahkan ribuan kilometer lalu mengirimkan pesan atau surat yang telah kita buat . Surat atau pesan digulung, lalu dimasukkan ke dalam tempat pelindung berbentuk kapsul plastik. Kemudian kapsul plastik tersebut diselipkan di antara kaki merpati pos
 Merpati pos merupakan salah satu jenis burung yang allah ciptakan dengan memiliki kelebihan yang sayang apabila kita tidak dapat menggunakannya dengan baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar